[ad_1]
Sri Agung Handayani Director Corporate Planning & Communication Astra Daihatsu Motor (ADM) membeberkan terjadi pergeseran konsumen produk Low Cost Green Car (LCGC) Ayla dari kalangan pembeli mobil untuk pertama kalinya (first time car buyer).
Menurut Agung Persentase konsumen seperti itu dikatakan berkurang sekitar 20 persen.
“Dulu Ayla didominasi 70 persen first time car buyer, kalau sekarang mulai awal launching 50 persen itu dikuasai additional buyer (pembeli mobil kedua) dan replacement buyer (pembeli mobil pengganti),” ujar Agung di GIIAS 2023, Rabu (16/8).
Pergeseran ini dirasakan pada hasil penjualan generasi kedua Ayla selama Maret hingga Juli. Ayla dengan sasis Daihatsu New Global Architecture (DNGA) ini meluncur pada Februari 2023.
Menurut Agung pergeseran ini mengejutkan buat perusahaan. Dia juga mengungkap alasan konsumen membeli generasi kedua Ayla telah berubah yaitu jadi mempertimbangkan eksterior, efisiensi bahan bakar dan harga terjangkau.
Dulu alasan membeli generasi pertama Ayla dikatakan harga terjangkau dan kemudahan suku cadang. Hal ini berkaitan dengan desain awal produk LCGC yang memang ditujukan untuk konsumen mobil pertama terutama dari pemilik sepeda motor yang mau naik kelas.
Selama Januari-Juli penjualan retail Ayla mencapai 13.880 unit. Penjualan ini, yang ditopang sebagian besar generasi kedua Ayla, naik 18 persen dari periode sama tahun lalu.
Di pasar LCGC, Ayla adalah mobil terlaris kedua dengan market share 26 persen.
(fea/mik)
[ad_2]
Sumber : www.cnnindonesia.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi.